Gagal di SEA Games 2015, Indonesia Harus Berbenah!

Nasional / 25 June 2015

Kalangan Sendiri

Gagal di SEA Games 2015, Indonesia Harus Berbenah!

daniel.tanamal Official Writer
3117

Kegagalan Indonesia berprestasi secara maksimal di SEA Games 2015 Singapura dinilai Ketua SIWO PWI, Raja Parlindungan Pane sebagai sebuah bukti kuat bahwa Indonesia harus membenahi sejumlah faktor yang menjadi tumpuan keberhasilan sebuah negara dalam kompetisi olahraga.

“Kalau kita lihat, atlet kita udah berjuang. Target memang 72 emas, sementara Indonesia hanya dapat 47. Menurut saya ini jadi catatan untuk Asian Games,” ujar pria yang juga anggota Komite Olahraga Indonesia itu kepada Okezone, Rabu (24/6/2015).

Direksi Pengelola Komplek Stadion GBK melihat bahwa evaluasi harus segera dilakukan guna mengejar kejuaraan Asian Games. Kontingen Merah Putih pada Sea Games lalu hanya menempati posisi lima klasemen akhir perolehan medali pesta olahraga terbesar Asia Tenggara itu dengan perolehan 47 keping emas.

Hasil ini menjadi yang terburuk setelah edisi 2005. Saat itu Kontingen Merah Putih juga menempati peringkat lima klasemen akhir perolehan medali, tapi dengan jumlah emas yang lebih banyak, yaitu 50.

Pane juga menambahkan bahwa ada empat cabang olahraga yang dapat dijadikan lumbung emas untuk Indonesia. Empat cabang olahraga tersebut harus diberikan perhatikan khusus. “Fokus kepada cabang-cabang yang bisa panen medali, contohnya seperti atletik, menembak, senam, dan renang,” tambahnya.

Pria asal Sumatra Utara itu mengatakan, jika Indonesia dapat menguasai keempat cabang tersebut, maka ada harapan untuk sukses di kejuaraan multi cabang. Selain itu, ia juga menambahkan agar kualifikasi pelatih harus ditingkatkan. “Kalo kita bisa menguasai empat cabang olahraga itu, ada harapan Indonesia bisa mendulang hasil yang baik. Selain itu coach-nya juga harus memiliki kualifikasi yang bagus, tetapi bukan berarti yang sekarang tidak bagus,” tambahnya.

 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami